Sabtu, 04 Juli 2009

CARA BERTERNAK LELE (Untuk Pemula)

Usaha yang penulis ceritakan berikut boleh kalau mau dijadikan sambilan nambah penghasilan atau mau dijadikan sebagai sekedar hobbies juga boleh. Cara beternak lele ini tidak ada hubungan dengan teknologi canggih sedikitpun. Modal yang dibutuhkan juga kecil, 300-500 ribu an perak.

Tapi syaratnya punya tanah/lahan yang kosong agak cukup luas, yaaa minimal 3 x 6 meter. Ikan lele ini cukup banyak penggemarnya di masyarakat, buktinya dapat kita lihat dari menjamurnya warung-warung pecel lele.

Untuk langkah awalnya, kita coba buat 1 kolam ukuran kecil 2m x 3m, gali tanah sedalam 30 cm, tanah galian urug-kan ke sekitar pinggir calon kolam. Terus beli terpal plastik yang banyak dijual di toko, seharga 50 ribuan (yang lebih mahal juga ada), tapi ini kualitasnya sudah cukup bagus.

Pasang terpal plastik ke lubang kolam yang telah digali, kedalaman tanah 30 cm, tinggi permukaan tanah (dengan tanah urug sebelumnya) naik kan jadi 20-30 cm lebih tinggi dari tanah sekitarnya. Jadilah kolam kita yang berbiaya murah. Isilah dengan air jernih, biarkan selama 2-3 malam (jangan langsung ditaburi benih). Beri tanam-tanaman air juga bagus, semisal teratai, ganggang air, kangkung, dsb.

Langkah berikutnya adalah membeli benih ikan lele, dengan ukuran sebesar ibu jari orang dewasa, harganya sekitar 100-150 rupiah per ekor. Cobalah isi kolam tadi dengan 300-400 ekor benih ikan lele. Untuk makanannya dibutuhkan pakan ikan (pelet) lembut, sekitar 5000 rupiah per kg.

Sebulan mungkin menghabiskan sekitar 3 kg. Kalau ada sisa nasi makan malam/siang, masukkan saja ke kolam, biar menambah zat makanan. Agar ikan lele tumbuh dengan baik sebagian atas kolam sebaiknya diberi atap pelindung, sedangkan sebagian terkena cahaya langsung matahari.

Air dikondisikan alami seperti di rawa/sungai, perbanyak tanaman air. Jika di awal-awal menabur benih, sebagian ikan mati, jangan panik, ambil saja, buang. 3-4 hari berikutnya ikan akan bertahan hidup normal. Kini tinggal menunggu sekitar 3 bulan, ikan sudah cukp besar untuk bisa dipanen, dijual dengan harga sekitar 1000 rupiah per ekor.. Jangan lupa, perdalam ilmu memelihara ikan lele dengan menggali ilmu dari buku-buku di toko buku. (sumber: wirausahakita.blogspot.com)

1 komentar:

  1. kalau usaha sudah berjalan baik maka produk bisa dipasarkan secara online salah satunya dengan cara jualan di facebook.

    BalasHapus